Kandungan Dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


Kandungan dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan –
Nggak tau kenapa nih admin hobby banget posting mengenai segala sesuatu yang berafiliasi dengan kesehatan, khususnya wacana kandungan dan maanfaat sesuatu. Ya,, sebab admin yakin bahwa Yang Mahakuasa membuat sesuatu niscaya ada manfaatnya. Termasuk pada postingan kali ini admin akan bahas mengenai kandungan dan manfaat bawang putih bagi kesehatan. Udah taukan yang namanya bawang putih ? atau belum sanggup membedakan mana yang bawang putih dengan bawang merah ? hehe.. sebab pengalaman dulu waktu admin masih kecil belum sanggup bedakan mana yang bawang putih dengan bawang merah. Tapi kini tentu sudah sanggup membedakan. Kerana dari aroma, bentuk, maupun warna terang sangat berbeda. Namun keduanya umumnya selalu bersama dalam melengkapi bumbu memasak. Ups.. kok jd panjang X lebar nih.. hehehe.. okelah daripada panjang X lebar mending eksklusif aja kita bahas si bawang putih ini..

Bawang putih dengan nama ilmiah allium sativum termasuk genus tumbuhan dari genus allium. Bawang putih termasuk pembagian terstruktur mengenai tumbuhan terna berumbi lapis atau siung yang bersusun. Bawang putih tumbuh secara berumpun dan bangun tegak hingga setinggi 30 -75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunnya seakan-akan pita, berbentuk pipih dan memanjang. 
Kandungan Zat Yang terdapat di Dalam Bawang Putih
Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti kuman dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol untuk mencegah Jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Selain itu juga, umbi bawang putih mengadung beberapa zat diantaranya :

  • Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
  • Saltivine : sanggup mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
  • Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
  • Belerang
  • Protein
  • Lemak
  • Fosfor
  • Besi
  • Vitamin A, B1 dan C.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

  1. Mengontrol berat badan
    Berat tubuh yakni duduk perkara klasik yang dari dulu hingga kini menjadi duduk perkara bagi sebagian orang, terkait dengan hal ini ada penelitian yang memakai tikus sebagai materi eksperimennya. Hasilnya tikus yang diberi makan bawang putih mengalami penurunan berat badan, sedang tikus lain yang diberi makan buah lainnya mengalami kenaikkan berat badan. 
  2. Obat Flu dan Batuk
    Kandungan welirang yang terkandung dalam bawang putih membuatnya mempunyai amis dan rasa yang khas sanggup meningkatkan dan mempercepat aktivitas membran mucous di jalan masuk pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang sanggup membantu membunuh kuman dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.
  3. Meringankan diabetes
    Seperti yang telah kami jelaskan pada kesempatan yang kemudian bahwa diabetes yakni kondisi dimana gula darah tidak sanggup diubah menjadi energi sebab tubuh tidak sanggup memproduksi insulin dalam kadar yang cukup. Bawang putih diketahui sanggup membantu dan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak hingga sanggup mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan diabetes.
  4. Mencegah penyakit kanker
    30 persen kaum hawa diperkirakan mengidap penyakit kanker, sedangkan kaum laki-laki sebanyak 50 persen. Jumlah ini tentu sangat menghawatirkan sebab kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak mengakibatkan selesai hidup pada manusia. Untungnya inovasi terkini menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu sanggup menurunkan resiko kanker dua kali lipat dibanding dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi bawang putih dalam setiap minggunya.
  5. Mengurangi ancaman radikal bebas
    Radikal bebas merupakan senyawa yang ada dalam setiap tubuh manusia, hal ini gres menjadi duduk perkara serius jikalau senyawa tersebut menumpuk dalam tubuh. Bawang putih bekerja sebagai antioksidan alami yang sanggup mengurangi dan mencegah penumpukan senyawa tersebut.
  6. Mengontrol kolesterol
    40 persen insan cukup umur tercatat mempunyai duduk perkara serius dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jika ini dibiarkan maka sanggup membentuk plak yang menyumbat peredaran darah dan mengakibatkan serangan jantung. Bawang putih sudah terbukti secara medis sanggup mengurangi LDL hingga 20 persen.
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Jika darah tinggi tidak segera diatasi maka sanggup mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Bawang putih diketahui sanggup menurunkan tekanan darah hingga 5 persen, selain itu bawang putih juga diyakini sanggup menurunkan resiko stroke pada seseorang hingga 40 persen.
Nah, itulah pemaparan mengenai kandungan dan manfaat Bawang Putih, semoga bermanfaat… ( di Rangkum dari aneka macam Sumber).


Sumber http://permathic.blogspot.com