Manfaat Dan Khasiat Parasit Untuk Kesehatan

Bagi anda yang dulu masa kecilnya di kampung niscaya sangat familiar dengan buah benalu ini.. maklum admin juga lahir dan besar di kampung, jadi sangat bersahabat dengan buah ini. Sebab sewaktu masih kecil, admin hobi banget mencari buah benalu yang rasanya cantik tapi agak lengket kaya lem.. hehe. Biasanya sih admin mencari buah ini saat admin sedang mencari buah yang lain, menyerupai mangga, jambu, sirsak, nangka dan lain – lain. Maklum lah, parasit kan termasuk tumbuhan parasit yang numpang hidup di pohon lain. Makara istilahnya tuh klo cari parasit “sambil menyelam minum air” jadi sanggup buah utamanya menyerupai mangga, jambu, alpukat, dan lainnya plus dapet bonus buah benalu. Tapi terkadang tumbuhan parasit sangat mengganggu tumbuhan utamanya. Karena admin punya pohon mangga yang terdapat pohon benalunya, jadi jika dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga alasannya si tumbuhan parasit kan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Makara jika sobat punya pohon buah yang terdapat benalunya harus rutin membersihkannya. Benalu terkadang memang sangat merugikan lantaran sifat parasitnya. Tapi belakangan ini ada beberapa informasi  mengejutkan yang admin sanggup seputar tanamanbenalu, ternyata tumbuhan parasit sangat baik untuk kesehatan bahkan ampuh untuk mengobati banyak sekali penyakit.. wah benarkan itu… agak ragu sih.. tapi ada beberapa sahabat yang menanyakan kepada aku “ eh,, di kampungmu banyak pohonbenalu ga ?” parasit ?..  (tanya saya), buat apa emang ? (tambah saya). Buat obat.. (teman aku menjawab). Wah emang sanggup ya untuk obat ? (tanya saya), iya (teman aku Menjawab). Nah alhasil ingin tau juga admin dengan si parasit ini. Akhir admin tanya dengan mbah google. Dan berikut beberapa gosip yang admin dapatkan dari mbah google.

Benalu (Loranthus, suku Loranthaceae) yaitu sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu sanggup dijumpai dengan gampang pada pohon-pohon besar di tempat tropis. Biji tumbuhan ini pada buahnya menghasilkan getah menyerupai lem berbentuk jeli yang lengket. Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya kemudian mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan melekat pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan parasit muda mulai tumbuh. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Benalu)
Kandungan Zat Kimia Tanaman Benalu
Secara umum, zat yang terdapat dalam parasit lebih ditentukan oleh kandungan zat yang terdapat dalam tumbuhan inang. Benalu yang tumbuh pada tumbuhan jambu misalnya, sanggup berbeda kandungan zat kimianya dengan parasit yang tumbuh pada pohon beringin. Masyarakat beranggapan, parasit yang tumbuh pada tumbuhan tertentu saja yang mempunyai kegunaan menyembuhkan suatu penyakit. Benalu tertentu yang tumbuh pada tumbuhan teh dan kopi banyak dicari orang lantaran mempunyai khasiat menyembuhkan kanker. Kedua tumbuhan inang yang ditumbuhi parasit ini mempunyai kemiripan kandungan zat kimianya. Tanaman teh yang diambil daunnya, mengandung sekitar 1-4% kofein, 7-15% tannin, dan sedikit minyak atsiri. Sedangkan tumbuhan kopi yang diambil bijinya, terdapat 1-3% kofeina, 15% dekstrin, 11-14% protein, 1-2% asam kofeinat, adenin, ksantin serta alkali fosfat dan alkali karbonat.[bi]
Manfaat dan Khasiat Benalu Untuk Kesehatan
  • Tumor dan Kanker
    Bahan: 1-2 batang parasit yang melekat pada 1 pohon teh, 1
    batang rumput alang-alang, adas palawaras secukupnya.
    Cara Membuat: semua materi direbus dengan 3 gelas air sampai
    mendidih, kemudian disaring.
    Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari  ½ gelas.
  • Amandel
    Bahan: 1 batang parasit yang melekat pada 1 pohon jeruk nipis,
    adas palawaras secukupnya.
    Cara Membuat: kedua materi direbus dengan 3 gelas air  sampai
    mendidih, kemudian disaring.
    Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari  ½ gelas.
  • Campak
    Bahan: 1-2 batang parasit adas pulasari secukupnya.

    Cara Membua: kedua materi tersebut ditumbuk bersama sampai
    halus.
    Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak bagi yang kena
    campak.
Sebenarnya khasiat dari tamanan parasit ini akan sangat bergantung pada inang pohon parasit itu sendiri.. maklum, kan parasit mengambil nutrisi dari pohon inang jadi kandungan zat kimia parasit akan kuat dari tempat parasit itu tumbuh / tempat inangnya. Berikut manfaat dan khasiat parasit menurut Inangnya :
Manfaat dan Khasiat Benalu menurut Inangnya
  • Benalu Salam
    Gondok, Menyeluruh (Komplek)
  • Benalu Teh
    Menyeluruh (Komplek)
  • Benalu Kelor
    Gondok, Menyeluruh (Komplek)
  • Banalu Randu
    Sesak, Asma, Hernia, Cuci Darah, Ginjal Empedu, Saraf, Polip
  • Banalu Turi
    Kencing Bernanah, Gangguan Saluran  Kencing, Kadar Oksigen Dalam  Darah, Batu  Ginjal, THT, Pancreas.
  • Benalu Sono
    Tulang, Rhematik, Pegal Linu, Kencing Manis + Benalu Salam
  • Benalu Delima
    Penguat Gigi, Rambut Subur, Rapuh Tulang, Galian Singset, Susut Perut, Kencing Manis.
  • Benalu Sawo
    Galian Singset, Susut Perut, Sehat Lelaki
  • Benalu Mangga
    Mual-Mual, Ambein, Sesak Nafas, Liver, Penyembuh Luka
  • Benalu Sirsak/Muris
    Perut, Sariawan, Ambein
  • Banalu Asem
    Ambein, Pencernaan, Susut Perut
  • Benalu Alpukat
    Tipes, Darah Tinggi, Ambein, Kencing Manis
  • Benalu Apel
    Ambein, Rhematik
  • Benalu Arumdalu
    Perut, Pusing, Lambung, Tenggorokan, Bau  Badan/Mulut Tidak Sedap
  • Benalu Asem Cina
    Sariawan, Panas Dalam
  • Benalu Blimbing Wuluh
    Tenggorokan, Batuk, Pusing, Polip, Amandel, Kranjel
  • Benalu Blimbing Buah
    Darah Tinggi, Ambein Kencing
  • Benalu Beringin
    Menghitamkan Rambut, Gatal-Gatal, Dating Bulan Tak Lancer, Kutu Air
  • Benalu Cengkeh
    Paru-Paru, Jantung, Kolesterol
  • Benalu Cemara
    Gatal-Gatal, Mulas, Dilep
  • Benalu Cerme
    Sariawan, Gatal-Gatal, Mata Merah
  • Benalu Durian
    Pencernaan, Sembelit, Flu, Pilek,  Sehat Lelaki
  • Benalu Gading
    Gangguan Kesuburan Rahim, Keputihan,Gatal-Gatal
  • Benalu Gayam
    Sakit Kepala, Cengang, Dengkek
  • Benalu Jeruk Pecel/Purut
    Perut, Bau Badan, Sariawan
  • Benalu Jambu Batu/Air
    Magh, Mual, Mules, Perih, Kembung
  • Benalu Jambu Mente
    Pusing, Mual, Penguat Gigi, Panas Dalam
  • Benalu Jati
    Melancarkan Peredaran Darah, Kanker Darah, Kencing Manis, Gondok,Tiphus, Sakit Akibat Virus, Sipilis, Go, Saraf, Flu
  • Benalu Juwet
    Batuk-Batuk, Sariawan, Saraf
  • Benalu Jarak
    Rapuh Tulang, Gatal-Gatal Ibu Yang Baru Melahirkan
  • Benalu Kapas
    Kulit, Pencegah Uban, Rhematik
  • Benalu Kayu Putih
    Perut, Pusing, Masuk Angin, Pelega Nafas
  • Benalu Kecacil
    Panas Dalam
  • Benalu Kacang-Kacangan
    Menambah Nafsu Makan
  • Benalu Kopi
    Maag, Pusing, Darah Rendah, Gatal
  • Benalu Kedo Dong
    Perut, Amandel, Batuk Rejan, Tenggorokkan
  • Benalu Kenanga
    Galian Singset, Bau Badan Tak Sedap, Pembersih Suara
  • Benalu Kelengkeng
    Galian Singset
  • Benalu Kamboja
    Penyakit Kuning, Gigi, Rapuh Tulang
  • Benalu Keres
    Perut, Sariawan, Batuk, Saraf
  • Benalu Kesemek
    Gatal-Gatal, Murus, Kembung Perut
  • Benalu Kelampis
    Panas Dalam, Tumor, Saraf, Mata Merah, Gatal, Borok, Lambung, Kencing Manis, Tambah Tenaga Laki Dan Perempuan
  • Benalu Kembang Sepatu
    Pencernaan Perut
  • Benalu Karet-Karetan
    Penguat Gigi
  • Benalu Kudu
    Perut, Mata Lelah, Telinga, Darah Tinggi
  • Benalu Kluwih
    Gigi, Maag, Linu-Linu
  • Benalu Coklat
    Gigi, Linu, Pilek, Flu
  • Benalu Kejaranan
    Tulang Kulit Rambut Sehat, Gigi Balita Di Masa Pertumbuhan
  • Benalu Kedoyo
    Rapuh Tulang, Sesak Nafas, Gatal-Gatal,Puyeng, Muntah-Muntah
  • Benalu Ketepeng
    Ulu Hati, Penguat Rahim, Maag, Mulas
  • Benalu Lo
    Ginjal, Penyakit Dalam
  • Benalu Lansep
    Maag, Gigi Kuat, Rambut Subur Dan Kuat,Mata Jernih
  • Benalu Lamtoro
    Perut Mencret, Bau Mulut Tak Sedap, Liver, Kolesterol,
  • Benalu Mandaruwo
    Peredaran Darah, Penetralan Racun
  • Benalu Menuwo/Srikoyo
    Kanker, Saraf, Ambeyen, Gondok, Bercak Kulit
  • Benalu Murbei/Besaran
    Pernafasan, Ambeyen, Maag, Sesak
  • Benalu Mentaos
    Tulang, Tambah Darah, Penyakit Kuning,Varises, Wasir, Penguat Setelah Melahirkan
  • Benalu Mauni
    Rapuh Tulang, Kencing Manis, Peluruh Dahak, Pusing-Pusing, Penenang
  • Benalu Nangka
    Mencret, kembung, Maag, Diare
  • Benalu Petai Besar
    Darah Tinggi ,Diabetes, Ginjal, Jantung
  • Benalu Rambutan
    Tipes, Ambeyen, Kolera
  • Benalu Rukem
    Saraf, Koreng, Mata Berair
  • Benalu Serut
    Sesak, Sulit Buang Air
  • Benalu Sengoon
    Penguat Kulit, Tulang
  • Benalu Tanjung
    Bau Badan Atau Mulut Tak Sedap
  • Benalu Tekik
    Lambung Usus Buntu, Sesak Nafas, Kangker Air, Penguat Kandungan
  • Benalu Trembesi
    Saraf, Telinga, Lumpuh, Tulang/ Rapuh
  • Benalu Waru
    Penguat Rambut, Penguat Kulit, Membersihkan Jerawat
Wah,, ternyata banyak sekali ya tumbuhan disekitar kita yang sangat bermanfaat untuk manusia. Sudah sepatutnya kita selalu bersyukur atas apa yang telah Allah ciptakan untuk kita.


Sumber http://permathic.blogspot.com